Pengertian google adsense dan cara menggunakannya


Salam blogger Netter...

Jumpa lagi dengan admin blognet99, blog sederhana yang coba ingin berbagi informasi seputar dunia blogging.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi seputar perjalanan saya bersama google adsense.

Sbenarnya saya sudah lama mengenal adsense dan bahkan sudah merasakan manisnya gajian bareng adsense, Kk bisa?? ya tentu saja bisa, kan iklan adsense buka cuma bisa di pasang di blog melainkan juga di youtube.Dan gajian yang saya rasakan itu adalah dari penghasilan youtube.

PERTAMA KALI KENAL ADSENSE

Kurang lebih sekitar tahun 2014 saya sudah mulai tertarik dengan adsense, itu karena hasil blog walking saya di beberapa blog yang mempublish artikel tentang keistimewaan adsense.



Sebenarnya sebelum saya mengenal adsesense, saya terlebih dahulu memasang iklan PPC lokal, waktu itu kalau tidak salah namanya PPC INDO, tapi sayang sekarang mereka tenggelam dan sayapun tidak pernah meraskan gajian padahal dasbor ppc saya sudah terisi dengan banyak rupiah.

Tahun 2014, saya menemukan buku panduan atau ebook yang djjual oleh mas ucok Proyogo, namanya Adsense Metalis, waktu iu harganya sekitar Rp.97.000. Melalui buku tersebut saya menemukan cara bagaimana memasang iklan adsense di youtube, dan alhamdulillah, pelan namun pasti hasilnya mulai terasa.

Beberapa bulan kemudian setelah saya mempraktekan panduan dalam buku tersebut, akhirnya di bulan maret 2016 dasbor adsense saya tembus angka 100,97 (Rp.sekitar 1.400.000,-) itulah gajian saya yang pertama di adsense, walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama namun saya puas karena keinginan saya merasakan gajian dari adsense sudah tercapai.

KENAPA SIH BANYAK ORANG PILIH ADSENSE

Adsense merupakan jaringan periklanan yang tentu saja selalu menjadi buruan para youtuber maupun blogger, hal ini karena adsense merupakan jaringan periklanan yang sangat dipercaya, aman dan selalu tepat waktu dalam membayar para publishernya. (pembayaran biasanya dilakukan antara tangal 21 hingga akhir bulan setiap bulannya).

Dengan memiliki akun adsense, tentu merupakan kebanggaan tersediri bagi para blogger dan youtuber, karena melalui iklan tersebutlah mereka mendapatkan penghasilan online yang tentu saja terkadang malah lebih besar jika dibandingkan dengan penghasilan offline mereka.

Iklan adsense sangat aman dan dipercaya serta sangat bervariasi, hal ini tentu sangat berbeda dengan platform periklanan lainnya yang memiliki jaringan periklanan yang sangat terbatas dan terkadang meninggalkan para publishernya begitu saja hingga recehan yang telah mereka kumpulkan pun kerap tidak dibayar (tidak semua PPC bersikap demikian).

LALU BAGAIMANA CARA MEMILIKI AKUN ADSENSE

Bagi sebagian orang memiliki akun adsense mungkin bukan perkara sulit, tapi kenyataannya memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak proses yang meski di tempuh oleh mereka. Apalagi saat ini mendaftar adsense tidaklah semudah seperti dulu.Banyak peraturan yang meski dipenuhi oleh setiap calon publishernya, sebut saja youtube, saat ini youtube mewajibkan jam tayang selama 4.000 jam dan 1.000 subcriber untuk para calon publishernya, beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mewajibkan memiliki video original minimal 1 atau 2 video saja.

Kebijakan di atas tentu bukanlah sesuatu tanpa alasan, pihak adsense menginginkan semua periklanan mereka benar-benar berjalan di dalam video yang berkualitas dan banyak mendatangkan para viewers sehingga para advertiser atau pemilik iklan tidak merasa dirugikan.

Pada dasarnya, adsense bisa dimiliki dengan dua cara, yakni melalui blog dan video (Youtube).

ADSENSE YOUTUBE

untuk memasang iklan adsense di yotube, ada beberapa proses yang mesti anda tempuh, berikut proses globalnya.

1. Memiliki alamat email dan sudah berusia minimal 18 tahun
2. Memilki akun youtube  
3. Upload video yang original tanpa musik yang berhak cipta
4. Video sudah di tonton minimal sebanyak 4.000 jam
5. Channel memilik minimal 1.000 subcriber (selama 12 bulan)


ADSENSE BLOG

Sementara untuk memasang iklan adsense di blog anda harus melakukan beberapa tahap sebagai berikut :
  • Blog sudah berisi artikel original (bukan hasil copy paste)
  • Jumlah artikel minimal 25 (lebih aman) walaupun bukan hal baku 
  • Blog sudah dipasang TLD (Top Level Domain) seperti .com, net, xyz, nfo, web, co.id, dan lain sebagainya
  • Usia blog minimal 4-6 bulan
  • Blog harus berisi widget statis seperti: contac,privacy    policy,sitemap dan disclaimer
  • Navigasi blog harus simple dan mudah dimengerti.

Selain syarat tersebut di atas, blog yang hendak didaftarkan pada adsense harus menggunakan template yang responsive (cari yang gratisan) kalo berminat saya punya template yang pernah saya gunakan untuk mendaftar adsense, dan alhamdulillah berhasil. Buat agan yang minat silahkan kirimkan permintaan anda ke alamat email fadisaprint@gmail.com (GRATIS) 

Beberapa Kelebihan Iklan Adsense
  • 1. Lebih banyak memiliki jaringan periklanan   
    2. Sistem  pembayarannya lebih akurat dan tepat waktu
    3. Dikelola oleh perusahaan besar, yakni Google
    4.Biaya klik lebih tinggi dan besar.  
    5. Iklan yang tampil akan disesuaikan dengan isi konten 
    6. Jenis dan model iklan sangat bervariasi


Terlepas dari beberapa persyaratan di atas, tentu masih banyak persyaratan yang mungkin tidak saya ketahui, namun itu adalah secara garis besarnya saja.

Buat agan-agan yang ingin berkonsultasi seputar adsense, jangan sungkan untuk menghubungi saya, insya Allah saya akan bantu sesuai dengan kemampuan saya.

Demikian ulasan singkat seputar google adsense yang bisa saya share, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang hendak melamar menjadi mitra adsense.

"Jika kegagalan adalah sukses yang tertunda, lalu untuk apa anda meratapi kegagalan, lebih baik  terus berkarya dan jangan menyerah, karena harapan akan selalu ada meski hanya setitik"

Salam blogger Netter...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »