9 PERBEDAAN BLOGGER DENGAN YOUTUBER YANG HARUS ANDA KETAHUI

9 Perbedaan Blogger dan Youtuber Yang Mesti Kamu Tahu


Salam blogger Netter....99

Mempunyai blog yanag terintegrasi dengan Adsense memang sangat menyenangkan, sehingga tidak sedikit dari para  blogger dan youtuber yang berhasil dan bahkan sukses dalam menggeluti dunia bisnis online yang berbasis Pay Per Clik (PPC) ini.

Pada dasarnya Blogger dan Youtuber adalah dua pekerjaan yang sangat berbeda, sehingga jika ditelusuri secara mendalam, blogger dan youtuber ternyata memiliki perbedaan meskipun keduanya sama-sama disebut sebagai publisher atau mitra adsense.

Bisnis online yang satu ini memang sangat menjadi incaran para  blogger maupun youtuber di seluruh penjuru dunia. Namun di satu sisi bisnis adsense menjadi sebuah perkara yang tidak mudah,banyak sekali yang mencoba untuk merambah bisnis ini namun terkadang mereka mengalami kegagalan yang terus berulang yang hingga akhirnya tidak sedikit dari bloger maupun youtuber menjadi putus asa dan mengalihkan perhatiannya pada bisnis PPC luar negeri lainnya seperti infolink,chitika,birdvertiser ataupun PPC lokal seperti adselora,adsensecamp,PPC Indo dan jenis PPC lainnya yang mereka anggap mudah dalam proses pendaftarannya.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas sejauh mana tingkat kemudahan maupun kesulitan saat mendaftar untuk menjadi publisher adsense maupun youtuber karena menurut saya mendaftar adsense merupakan perkara gampang-gampang susah namun terkadang saya juga berpikir mendaftar adsense merupakan pekerjaan yang susah-susah tapi gampang karena semuanya pasti bisa diraih tergantung pada seberapa keseriusan kita dalam berusaha untuk menjadi mitranya.

INILAH-PERBEDAAN-BLOGGER-DAN-YOUTUBER-YANG-HARUS-KAMU-TAHU

Lalu bagaimana menurut anda? Silahkan beraksi dan jangan Cuma bermimpi!!!

Kali ini tema artikel saya beri judul “9 PERBEDAAN BLOGGER DENGAN YOUTUBER YANG HARUS ANDA KETAHUI” yang artinya sejauhmana kenyaman menjadi publisher adsense, menjadi youtuber (adsense youtube) ataukah blogger (adsense blog).

Pada dasarnya pekerjaan keduanya merupakan hal yang sangat menyenangkan, jika saat ini anda sudah merasakan manisnya perjuangan menjadi publisher adsense.

Namun persoalannya adalah jika memang sampai saat ini anda belum juga mendapat gajian pertama dari adsense tentu ini merupakan keadaan yang  sangat menjenuhkan tapi itulah perjuangan dan usaha yang artinya semua harus ditekuni dengan penuh konsisten dan kesabaran karena tidak ada yang instan kecuali Mie Instan (Itupun harus direbus/masak dulu baru bisa dimakan), hehehehe…..

Baiklah kita kembali kepada tema pembahasan kita.

Menjadi seorang blogger ataupun youtuber merupakan prestasi yang patut diacungi jempol karena keduanya merupakan hal yang tidak bisa diraih oleh semua orang.

Tidak sedikit  orang yang mampu merubah kondisi perekonimiannya menjadi lebih baik saat mereka berhasil menjadi publisher adsense meskipun itu bukan jalan satu-satunya untuk meraih sukses di dunia online.

Tapi tahukah anda,bahwa menjadi seorang blogger dan youtuber merupakan dua keadaan yang tidak bisa disamakan keadaan dan pekerjaannya karena memang basis keduanya merupakan dua sisi pekerjaan yang sangat berbeda walaupun berada di tempat yang sama yakni sama-sama menjadi Publisher alias penayang iklan adsense.

Berikut beberapa hal yang membedakan antara seorang blogger dan youtuber :

  • Seorang blogger lebih terfokus pada sebuah karya tulis. Mereka  dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah tulisan yang sering disebut dengan artikel.Semakin bagus dan relevannya sebuah artikel dengan tema maka akan semakin tinggi kesempatan seorang blogger untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari google sehingga hal ini mampu mendatangkan pengunjung  yang lebih relevan dan memungkinkan  terciptanya sebuah penghasilan yang berlimpah.Sedangkan youtuber lebih terfokus pada pembuatan sebuah video yang kreatif.Semakin bagus sebuah video yang diunggahnya pada situs youtube maka akan membuka sebuah peluang besar untuk bisa mendatangkan para subscriber/pelanggan yang bisa memungkinkan akan terjadinya banyak tayangan pada video dan klik pada sebuah hamparan iklan yang ada di dalamnya.

  • Seorang blogger lebih dituntut untuk selalu eksis dalam menciptakan sebuah artikel agar pengunjung setia mereka tetap stabil, sementara seorang youtuber  yang jarang uploud video akan tetap mendapatkan pengunjung hal ini karena kebanyakan orang lebih suka menonton ketimbang membaca sebuah artikel.
  • Harga iklan dalam sebuah blog biasanya lebih tinggi yakni berkisar 0.01$ s.d 100$/kliknya,sementara iklan dalam hamparan video youtube biasanya hanya berkisar pada angka 0.01 s.d 0.02/kliknya sehinga keadaan ini membuat kesempatan seorang blogger untuk menerima gaji dari google adsense lebih cepat ketimbang seorang youtuber (keadaan ini tidak sepenuhnya berlaku).
  • Dalam dunia blogging mengcopy paste artikel milik orang lain merupakan hal yang sangat dilarang hal tersebut akan sangat rentan untuk kelanggengan  adsense dalam jangka panjang karena bisa dibbaned sementara youtube memperbolehkan seorang publishernya untuk mengcopy atau mengaploud ulang video milik orang lain dengan fasilitas Creatif Common (remix video)yang disediakan youtube  sehingga hal ini mampu menjadikan seorang publisher youtube mampu memiliki video dalam jumlah yang banyak walaupun mereka jarang membuat video original.
  • Seorang youtuber akan lebih mudah dan cepat dikenal orang  jika video-video mereka menarik banyak pengunjung  sementara hal ini kurang berlaku untuk seorang blogger.Biasanya seorang blogger akan mudah terkenal jika artikel – artikel mereka mampu menjadi rangking atas di pencarian google dalam jangka waktu yang tidak sebentar (hal ini tidak mudah).
  • Seorang blogger akan lebih cepat mencapai titik jenuh saat mereka mengalami kebuntuan dalam membuat sebuah artikel sedangkan seorang youtuber akan selalu fresh karena mereka lebih banyak terhibur dengan tontonan video yang menyenangkan di dunia youtube mereka.
  • Seorang youtuber biasanya tidak bermasalah dengan kebisingan yang terjadi di sekitarnya,biasanya mereka lebih kreatif dalam berkarya karena dunia mereka adalah dunia seni dan hiburan,sementara seorang blogger akan lebih menjadi figure yang focus karena mereka lebih membutuhkan dunia yang penuh kesunyian dan ketenangan dalam menciptkan karya tulisnya.

  • Menjadi seorang publisher youtube lebih mudah dan cepat hanya dengan uploud video original sebanyak 3 video maka dalam hitungan jam akan mendapat persetujuan lain halnya dengan seorang blogger yang harus menunggu proses persetujuannya dalam jangka waktu yang sangat panjang yakni sekitar 6 bulan blog mereka baru bisa diajukan dan itupun harus menunggu beberapakali persetujuan  yang kemungkinannya sangat kecil untuk disetujui.
  • Menjadi seorang blogger harus mempersiapkan uang yang cukup lumayan besar yakni untuk biaya membeli domain ataupun hosting yaitu sekitar 350.000/tahun sedangkan menjadi youtuber  tidak perlu domain ataupun hosting segala (lumayan buat tambahan uang saku).


Demikianlah beberapa hal yang sangat membedakan dalam pekerjaan menjadi seorang blogger dan youtuber.Namu walupun demikian,pilihan yang tepat ada di tangan anda.Pelajari kelebihan dan kekurangan anda sebelum memutuskan untuk menjadi publisher adsense.

Artikel ini saya buat semata-mata hanya sebagai edukasi bukan provokasi karena saya sendiri menjalankan keduanya yakni menjadi seorang blogger (belum berhasil) dan youtuber (Alhamdulillah sudah gajian insya allah akan sering,hehe…he..!)

Sampai disini dulu perjumpaan kita dalam pembahasan "9 perbedaan blogger dan youtuber yang harus kamu tahu".Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus pantengin superadsen untuk mendapatkan artikel-artikel lainnya.

Sampai jumpa di gelombang yang sama.Semoga anda menjadi seorang publisher adsense yang super.

Silahkan pilih Menjadi seorang youtuber ataukah seorang blogger ???
Saran saya pilih dua-duanya biar cepat kaya!!!!! Weka..weka…weka….

Salam Blogger Netter....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »