WASPADA....INI DIA BAHAYA DI BALIK REMIX VIDEO YOUTUBE BERLISENSI CC (CREATIVE COMMONS)

Salam Blogger Netter…

Menjadi seorang publisher youtube memang sangat menjanjikan, hanya dengan memiliki beberapa  koleksi video lalu kemudian menguploadnya kedalam channel di youtube maka hal ini sudah menjadi titik awal bagi beberapa orang untuk mendapatkan penghasilan online  melalui program adsense yang digalang oleh perusahaan besar google.Inc bersama perusahaan video youtube.


Sebagai perusahaan besar yang berbasis di video, youtube mampu mendatangkan  pengunjung unik setiap harinya hingga mencapai jutaan orang,bahkan perusahaan yang sudah menjadi anak perusahaan google ini merupakan jaringan yang mampu menduduki posisi ke dua setelah google yang kemudian di susul oleh dailymotion yang juga bergerak di bidang video.

Setiap hari banyak bermunculan video baru yang diunggah melalui youtube, makanya tidak heran banyak orang yang mengakses link youtube walaupun  hanya sekedar mencari video untuk hiburan atau sebuah video tutorial untuk membantu mengembangkan minat potensi mereka di bidang tertentu.
Video berita dan cara melakukan sesuatu yang diunggah di youtube kerap menjadi sasaran pemburu video di media sosial, oleh  karena itu maka  tidak heran kalau youtube menjadi destinasi nomor satu bagi para pencari hiburan dan edukasi berupa video di media sosial.

Namun bagi sebagian orang,youtube bukan hanya sebagai media untuk mengupload,mendowload ataupun menonton semata tapi lebih dari itu,yakni sebagai ladang untuk mencari nafkah.

Perusahaan video raksasa milik  google ini mampu memberikan peluang besar bagi siapa saja yang hendak mendapatkan penghasilan online melalui program partner adsense yang diusungnya.

Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara yang mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dan positif bagi perkembangan bagi dunia periklanan yang diselenggarakan pihak google dan youtube melalui program partner adsense tersebut.

Tidak sedikit para anak muda Indonesia yang menjadi mitra youtube dan mendapatkan penghasilan yang sangat luar biasa, sebut saja seperti Eddo Zell yang mendapatkan penghasilan Rp. 40 Juta/bulan atau juga Bayu Skak yang bisa memperoleh Rp. 30 juta/bulan belum lagi ditambah oleh artis muda Indonesia Raditya Dika yang sudah mengantongi penghasilan diatas 50 juta/bulan.

Untuk mendapatkan penghasilan yang luar biasa seperti mereka memang  tidak bisa didapatkan dengan waktu singkat dan cara instan.Proses panjang dan melelahkan menjadi bumbu sedap dan tantangan besar yang harus dihadapi oleh para publisher muda tersebut.

Ketekunan,kesabaran dan kejujuran dalam membuat dan mempublish sebuah video yang tidak mengandung hak cipta dari brand tertentu menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh semua para publisher youtube yang videonya hendak dipasangi iklan adsense.Karena pada dasarnya tidak semua video boleh dipasangi iklan adsense.

Kepatuhan terhadap berbagai peraturan yang ditetapkan oleh pihak google adsense merupakan faktor wajib yang tidak bisa dilangkahi begitu saja oleh para publisher youtube.

Berbagai cara dan upaya dilakukan oleh para publisher youtube demi mendapatkan penghasilan yang besar,mirisnya tidak sedikit  dari para publisher tersebut melakukan Remix video pada beberapa video yang berlisensi CC (Creative Commons) sebagai cara instan yang justru malah membawa mereka pada sudut kehancuran dan frustasi.

Hal inilah yang menyebabkan banyak dari  para publisher youtube justru  terkena teguran dari google bahkan sampai ada yang di suspend karena melakukan berbabagai macam pelanggaran terhadap  peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak youtube dan google itu sendiri.

Salah satu pelanggaran yang kerap dilakukan oleh para publisher youtube adalah dengan cara melakukan REMIX VIDEO yang berlisensi CC (Creative Commons)

Sebenarnya remix video merupakan fasilitas fitur yang bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna youtube untuk memperbanyak video di channel mereka

Dengan menggunakan fitur remix video tersebut semua para penayang video youtube mampu memperbanyak koleksi video mereka tanpa membuat video terlebih dahulu.Hanya dengan melakukan beberapa klik dan perintah yang sudah tersedia di menu remix,video pun siap untuk dipublikasikan ke channel mereka.

Video yang berlisensi CC (Creative Common) dapat diunggah dan diupload ulang bahkan dapat di edit sedemikian rupa.Seperti memotong durasi video,kualitas video dan juga menggabung beberapa video menjadi satu video.

Tapi kenapa justru gara-gara menggunakan fitur ini banyak para publisher adsense yang channelnya terkena Suspend dan bahkan banned permanen oleh youtube.

Akhir-akhir ini youtube memang sedang melakukan razia besar-besaran kepada seluruh channel yang menjadi mitra adsense. Jadi bagi anda yang saat ini telah menjadi mitra adsense berhati-hatilah dalam menggunakan video yang berlisensi CC (Creative Common) tersebut.

Kenapa youtube melakukan suspend pada mitra yang suka melakukan remix video?

Padahal itukan salah satu fitur yang sengaja dibuat oleh pihak youtube untuk mempermudah para penggunanya dalam memperbanyak video?

Jawabannya adalah, karena youtube menginginkan para publisher adsense bermain jujur,kerja keras dan kreatif,bukan Cuma sekedar numpang ngetrend dan mendapat penghasilan melalui video milik orang lain (Bukan Jiwa copy paste).

Me – Remix Video merupakan salah satu perbuatan copy paste dan  tidak kreatif yang paling tidak disukai oleh pihak youtube apalagi bagi anda yang saat ini mempunyai channel yang sudah berafiliasi dengan  adsense.

Berikut Beberapa Kerugian yang bisa diterima oleh penayang adsense
saat melakukan remix video yang berlisensi CC (Creative Commons)
  1.  Channel anda akan mendapat respon buruk dari  search engine serta akan sulit untuk        berkembang
  2. Channel akan mengalami kesulitan  untuk mendapatkan subscriber (bahkan para subscriber aka cepat kabur) karena mereka menganggap video anda semua adalah hasil duplikat dan dianggap tidak kreatif
  3. Sekalipun video hasil remix masih bisa di monetize,umur channel sudah bisa dipastikan tidak akan bertahan lama,pelan namun pasti cahnnel anda akan terkena suspend dari pihak youtube.
  4. Penghasilan adsense anda tidak akan dibayar (youtube akan mengadakan penyelidikan pada setia aktivitas channel anda saat batas pembayaran pada dasbor adsense mencapai minimum payout Yakni pada angka 10$ untuk akun dollar dan sekitar  Rp. 130.000,- untuk akun Rupiah).
  5. Channel akan terkena suspend bahkan banned perman
  6. Akun youtube akan terkena banned karena anda dianggap melanggar kebijakan privasi youtube adsense


Beberapa Tips Untuk Anda yang suka melakukan remix video berlisensi CC (Creative Commons)

Remix video sebaiknya dilakukan pada channel khusus yang tidak dipasangi iklan adsense
Jangan pasang iklan pada video hasil remix.

  1. Lakukan remix video sekedarnya saja (jika diperlukan) untuk menghiasi channel anda agar par pengunjung tidak cepat bosan dan mendapat sedikit video yang bervariasi.
  2. Jangan sebar link video hasil remix ke media social seperti facebook,twitter,wats up ataupun lainnya (99% rentan banned)
  3.  Hindari melakukan Remix pada video yang memiliki watermark


Demikian ulasan singkat seputar “Bahaya Di Balik Remix Video CC (Creative Commons)
Untuk Akun Youtube Adsense”.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan yang matang dan lebih berhati-hati sebelum anda melakukan remix video pada channel yang terhubung dengan adsense karena kalau tidak,chanel youtube anda akan lenyap dan bisa juga imbasnya adlah akun adsense anda ikut-ikutan lenyap alias banned permanent. Jujur itu adalah pengalaman pribadi saya,sangat kelam dan menyedihkan.
Sampai jumpa dan jangan lupa untuk terus berkunjung pada blog saya yang sederhana ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik  lainnya seputar blog,youtube dan lainnya.

Salam Blogger Netter........

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »